headerphoto

The History

HIMMAKA Yogyakarta merupakan organisasi kedaerahan yang mewadahi mahasiswa dan mahasiswi asal Majalengka untuk dapat saling berbagi, berkumpul, bekerja sama dan menjaga silaturahim sesama warga Majalengka yang ada di Yogyakarta.

Pada awalnya HIMMAKA merupakan organisasi dibawah KPC mahasiswa Cirebon. Namun, dalam perkembangannya HIMMAKA mencoba untuk berdiri sendiri dalam menaungi mahasiswa-mahasiswa asal Kabupaten Majalengka yang berada di Yogyakarta. Akhirnya pada 31 Maret 1985 secara de facto berdirilah HIMMAKA Yogyakarta, dengan jumlah mahasiswa perintis saat itu sejumlah 34 orang.

Sebagai organisasi kemahasiswaan daerah, Perjalanan HIMMAKA Yogyakarta, tidaklah selancar organisasi-organisasi kemahasiswaan daerah lainnya. HIMMAKA Yogyakarta sempat vakum dalam waktu yang cukup lama, yakni selama 17 tahun. Hampir dipastikan HIMMAKA Yogyakarta saat itu benar-benar hilang dari Yogyakarta. Namun, berkat inisiatif beberapa mahasiswa Majalengka, pada tahun 2002 HIMMAKA Yogyakarta kembali dihidupkan.

Musyawarah Besar (Mubes) HIMMAKA Yogyakarta pada tanggal 1 November 2002 menjadi awal bangkitnya kembali organisasi mahasiswa Majalengka di Yogyakarta ini. Mubes ini diprakarsai oleh mahasiswa-mahasiswi Majalengka dari UNY, UAD, UTY, IAIN, MSD, UMY, UPN dan PPKP. Mubes ini diadakan di wisma Andika Jl. Kaliurang, dan kemudian dilanjutkan pada tanggal 17 November 2002 di Jl. Mondoliko no.793 A Gg. Dunakawan.

Setelah menjalani proses Mubes yang cukup lama, akhirnya pada tanggal 17 November 2002 tersebut dibentuklah landasan konstitusional HIMMAKA Yogyakarta yang mengatur segala kegiatan organisasi mahasiswa Majalengka ini.

Saat ini HIMMAKA Yogyakarta diketuai oleh Wiradiwangsa XI Aceng Abdul Hamid yang memimpin kepengurusan HIMMAKA Yogyakarta 2009-2010.

0 komentar:

Posting Komentar